Your Ad Here

Mari Menulis Sasta!!!

Laman ini dibuat untuk berbagi bersama penikmat sastra. Mari meningkatkan kembali ranah sastra Indonesia yang sudah mulai meredup ini. Bagi Anda yang ingin berpartisipasi, silakan kirim naskah sastra Anda ke; aamovi05@gmail.com dan pastikan tulisan sastra Anda ada di blog ini.
salam sastra Indonesia

Monday, January 11, 2010

Naskah Ketika Iblis Menikahi Seorang Perempuan

Naskah Ketika Iblis Menikahi Seorang Perempuan
Dari sebuah cerita rakyat Firenze. Berdasarkan karya Nicolo Machiavelli
Disadur ke dalam drama Sebebas-bebasnya Oleh: T. Arief

Nicholo Machiavelli, lahir di Fiorentina pada 1469. Ketika itu Itali masih berbentu negara kota. Beliau tumbuh dikalangan borjuis. Mengabdi pada keluarga Medici. Machiavelli dikenal melalui bukunya Il Principe. Dengan zargon, menghalalkan segala cara, dia dikenal sebagai “nabinya” para penguasa yang diktator.
Beliau tutup mata pada tahun 1527.

Buku yang ditulisnya:
1. Discources
2. Il Principe
3. Art of war
4. La Mandragola

Sinopsis

Apa jadinya bila semua pria di neraka mengeluhkan keluhan yang sama, dan terdengar unik?
Yang pasti, konon tak ada yang bisa seenaknya mengeluarkan pendapat di sana.
Namun begitulah, yang terjadi adalah sebaliknya, neraka tiba-tiba dapat berlaku arif dan adil dalam menimbang alasan pada manusia. Machiavelli bercerita dengan segenap ironi dan dengan satirenya.

Adalah Belfagor, yang dulu, ketika sebelum menjadi setan adalah malaikat yang paling baik, menjadi proyek eksperimental pengisi neraka.
Demokratis sekali penguasa neraka, ketika menunjuk Belfagor untuk menjadi seorang utusan dalam mengemban tugas berat.

Dengan sebuah misi, Belfagor di hidupkan oleh Machavelli sebagai setan pemaaf, penakut. Jauh dari karakter bawaan. Dan begitu pulalah, akhir cerita rakyat ini. dan (dengan segala sikap yang seharusnya tak setan miliki?) pada akhirnya, seperti dongeng-dongeng kebanyakan. Kejahatan pasti kalah. Dan kebenaran pemenangnya. Machiavelli menggambarkan kebalikan dari itu semua. Dan nampaknya semua orang tak setuju akan hal itu. inilah. Inilah kebenaran yang terpinggirkan. Neraka harus diisi oleh orang-orang yang jahat, dan suami-suami yang terjerat kaum istri.

Maka, inilah yang seharusnya terjadi, bukan satire. Tapi fakta yang harus diketahui.


download naskah; Ketika Iblis Menikahi Seorang Perempuan.rtf

No comments: