Your Ad Here

Mari Menulis Sasta!!!

Laman ini dibuat untuk berbagi bersama penikmat sastra. Mari meningkatkan kembali ranah sastra Indonesia yang sudah mulai meredup ini. Bagi Anda yang ingin berpartisipasi, silakan kirim naskah sastra Anda ke; aamovi05@gmail.com dan pastikan tulisan sastra Anda ada di blog ini.
salam sastra Indonesia

Monday, February 15, 2010

Puisi Soe Hok Gie

Mandalawangi – Pangrango

Senja itu ketika matahari turun kedalam jurang-jurangmu
Aku datang kembali
Kedalam ribaanmu dalam sepimu dan dalam dinginmu.

Walaupun setiap orang berbicara tentang manfaat dan guna
Aku bicara padamu tentang cinta dan keindahan
Dan aku terima kau dalam keberadaanmu
Seperti kau terima daku.

Aku cinta padamu Pangrango yang dingin dan sepi
Sungaimu adalah nyanyian keabadian tentang tiada
Hutanmu adalah misteri segala
Cintamu dan cintaku adalah kebisuan semesta.

Malam itu ketika dingin dan kebisuan menyelimuti Mandalawangi
Kau datang kembali
Dan berbicara padaku tentang kehampaan semua.

Hidup adalah soal keberanian menghadapi yang tanda tanya
Tanpa kita mengerti tanpa kita bisa menawar
Terimalah dan hadapilah.

Dan diantara ransel-ransel kosong dan api unggun yang membara
Aku terima itu semua melampaui batas-batas hutanmu melampaui batas-batas
jurangmu.

Aku cinta padamu Pangrango
Karena aku cinta pada keberanian hidup.


19/7/1966
Soe Hok Gie

1 comment:

yudhi Rasjid said...

Mas..... Makasih atas tulisan kumpulan naskah sastra. ngomong-ngomong boleh di copy nggak tulisannya.


sekalian saya mau tanya. gimana supaya kita kita bisa menulis (baik artikel, sastra atapun apalah) soalnya saat sangat ingin sekali bisa menulis. apa ada tips atau sarannya Mas...

Makasih.